Rabu, 15 April 2009

Yahudi talk

Bangsa Yahudi adalah bangsa pengembara ulung sejak jaman purba. Mereka mengembara di sekitar Timur Tengah, bukan hanya karena faktor tuntutan hidup tetapi juga karena faktor politik. Ketika hidup di perantauan, dipengasingan bangsa lain yang lebih mapan seperti Mesir, Persia,dsb bangsa Israel melihat sendiri bagaimana kehidupan spiritual bangsa-bangsa tersebut.
Pada umumnya, setiap kebudayaan kuno itu mempunyai sistem keagamaan yang unik yang kebanyakan memakai pola Polytheisme. Setiap unsur kekuatan (terutama kekuatan alam) dan kekuasaan diwakili oleh sosok Dewa atau Tuhan. Misalkan untuk pemujaan terhadap matahari, maka ada dewa Matahari, ada dewa/wi bulan, ada dewa laut, dewa hujan dan lain sebagainya. Demikian juga untuk merepresentasikan konsep keunggulan terhadap suatu hal, misalkan perang, ketrampilan mengolah pertanian, ketrampilan mengolah logam, menulis sastra dan sebaginya juga diwakili oleh dewa-dewa dengan kemampuan tersebut.

Ciri khas pada Yahudi adalah, agama tersebut muncul dengan lawan utamanya yaitu kaum paganMaka Yahudi digambarkan sebagai asal mula bagaimana manusia mendapat pencerahan tentang Tuhan yang satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar